Kamis, 26 Februari 2015

Bongkahan batu akik ditemukan di Sumenep

Bongkahan batu akik ditemukan di Sumenep (Ilustrasi, Foto: Okezone)

Temuan Bongkahan Batu Akik Hebohkan Warga

SUMENEP - Sebuah bongkahan batu akik ditemukan di Bukit Samar, Dusun Parebbaan, Desa Nyabakan Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, belum lama ini.

Bongkahan tersebut ditemukan di atas perbukitan di lahan seluas 10 meter persegi.

Awalnya, warga mengira bebatuan di daerah tersebut tidak berharga, namun setelah digali lebih dalam, ada batuan warna-warni. Warga pun berbondong-bondong menambang batu tersebut. Namun karena khawatir merusak lingkungan, mereka sepakat untuk menambang di titik-titik tertentu saja.

Yanto, warga sekitar, menjelaskan, ada beragam batu akik di lahan tersebut. Harganya pun bervariasi antara Rp500 ribu dan Rp2 juta, tergantung keunikan dan tingkat kesulitan mendapatkannya.

"Jenisnya macam-macam. Saya enggak tahu menjelaskannya, jadi saya namakan akik gambar, akik madu, dan akik sulaiman. Banyak yang menambang setiap hari. Malah dari luar Sumenep juga ada. Kalau di luaran boleh, tapi kalau yang bongkahan itu tidak boleh karena takut merusak,” jelas Yanto, Senin (23/2/2015).

Kolektor batu akik asal Kabupaten Pamekasan, Veros Afif, mengaku penasaran dengan kabar penemuan tersebut. Ia pun datang dan melihat-lihat batu akik hasil olahan warga.

"Ini baru ditemukan. Kalau dilihat dari struktur batunya memang unik. Ini satu-satunya di Madura. Batu-batu yang ditemukan di sini seperti akik sulaiman dan akik madu,” terangnya.

Para kolektor datang untuk membeli batu akik jadi atau sudah diasah. Ada pula yang membelinya masih dalam bentuk bongkahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar